Pankreatitis Akut, Penyakit Apa Itu?

Yuk, bahas tuntas penyakit pankreatitis akut yang diderita DJ Avicii

Sebelum meninggal dunia tgl 20 April 2018, Avicii diketahui menderita pankreatitis akut. Pemilik nama Tim Bergling itu sejak tahun 2012 didiagnosa dokter menderita pankreatitis akut. Sempat menjalani operasi usus buntu pada 2014 lalu. Hal itu yang mengakibatkan produser dan DJ kenamaan tersebut sulit menjalani kegiatannya bermusik.

Pada 2016, ia memutuskan untuk pensiun dari tur konsernya karena serangkaian masalah kesehatan yang disebabkan kebiasaan minum-minuman keras secara berlebihan.

“Bagi saya itu adalah sesuatu yang harus saya lakukan demi kesehatan saya,” kata Avicii kepada Billboard kala itu soal keputusan berhenti tur, seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (21/4).(sumber: CNN-indonesia)

Berikut ini sedikit kilas mengenai rentetan sejarah penyakitnya. Pada maret 2013, Avicii Didesak untuk operasi untuk mengangkat kandung empedunya oleh dokter. Namun alih-alih ia mendengarkan nasehat dokter, ia malah sangat sibuk dengan albumnya, True. Album ini dirilis pada bulan September tahun 2013 dan memuncak di No 5 di Billboard 200 dan menduduki puncak chart Top Dance / Album Elektronik selama enam minggu. Setahun setelahnya tepatnya tanggal 28 Maret 2014, Avicii Diopname lagi di Miami, karena kabarnya usus buntunya sudah pecah. Saat itu usus buntu dan kantung empedunya akhirnya diangkat. (sumber : billboard.com)

Penyakit yang dideritanya selayaknya membutuhkan penanganan khusus, karena bisa berakibat fatal. Bisa berakibat hilangnya nyawa seperti yang terjadi pada DJ kondang ini. Nasi telah menjadi bubur. Namun bagi kita semua, kita bisa mengambil hikmah atas kejadian ini. Apa dan bagaimana gejala dari penyakit pankreatitis akut ini? Ayo simak

Referensi pihak ketiga : tribunnews.com

Yang terkena penyakit pankreatitis adalah pankreas kita. Pankreas adalah organ yang posisinya agak di belakang perut. Pankreas terletak diatas abdomen dan berada diantara usus dan lambung. Umumnya, penyakit pankreatitis akut itu disebabkan karena infeksi bakteri, virus, efek samping obat-obatan serta kelainan autoimun. Konsumsi minuman beralkohol berlebihan seperti yang dilakukan Avicii disebut turut menjadi salah satu penyebabnya.

Referensi pihak ketiga : NDR.de

Penyakit ini dapat menyerang siapapun dan umur berapapun yang menjalani gaya hidup tidak sehat. Bila sudah didiagnosa penyakit itu, tidak ada jalan lain selain penderita harus diirawat.

Berikut ini ciri-ciri seseorang menderita pankreatitis akut diambil dari laman alodokter.com

Gejala paling umum dari peradangan pankreatitis akut adalah:

Nyeri pada tengah perut yang menjalar hingga ke punggung (nyeri hebat dapat mendadak atau nyeri sedang pada awal dan makin parah setelah makan terutama makanan berlemak)

Perut bengkak dan nyeri

Mual dan muntah

Diare

Demam

Nadi cepat

Jaundice atau kuning pada kulit dan mata

Cara penanganan dan pengobatan :

Seseorang yang mengalami pankreatitis akut, harus menjalani pengobatan dan dipantau di rumah sakit.

Sebagian besar pasien akan diperbolehkan pulang jika sudah dirawat selama lima hingga sepuluh hari.

Pengobatan suportif, seperti oksigen dan cairan infus, akan diberikan.

Selain itu juga obat-obatan pereda sakit atau antibiotik apabila jaringan di sekitar pankreas terinfeksi.

Pada kasus yang cukup berat, pasien tidak boleh mengonsumsi makanan padat karena akan membuat pankreas bekerja keras, sehingga memerlukan pemberian nutrisi cair lewat selang yang dimasukkan melalui hidung.

Sedangkan untuk pencegahan dapat dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi alkohol, hidari makanan kolesterol tinggi dan makan makanan kaya akan serat. (sumber : alodokter.com)

Nah, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan baca berita selanjutnya , klik dilink dibawah ini

http://tz.ucweb.com/4_4lRMY

 

One thought on “Pankreatitis Akut, Penyakit Apa Itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.