Hormon Melatonin, Sumber, Fungsi, Efek Samping dan Mengapa Kita Membutuhkannya?

Hormon Melatonin, Sumber, Fungsi, Efek Samping dan Mengapa Kita Membutuhkannya?

Melatonin adalah salah satu hormon yang secara natural terdapat dalam tubuh kita, zat ini diproduksi dalam tubuh oleh kelenjar pineal dan juga diproduksi pada saluran pencernaan. Kelenjar pineal adalah kelenjar seukuran kacang yang berlokasitepat di bagian tengah otak. Walaupun demikian, Melatonin juga bisa dihasilkan secara sintetis di laboratorium dan dikonsumsi sebagai obat. Pemakaian obat melatonin ini bisanya dalam bentuk pil, namun melatonin juga tersedia dalam bentuk yang bisa ditempatkan di pipi atau di bawah lidah. Sistem ini lebih memungkinkan melatonin yang akan meresap lebih cepat ke dalam tubuh.

Makanan Yang Mengandung Melatonin
Melatonin, seperti yang telah diterangkan sebelumnya, bisa diproduksi oleh tubuh serta bisa ditemukan secara sintetis. walaupun demikian, ada berbagai macam makanan yang mengandung melatonin. Makanan itu adalah tomat, kulit anggur, ceri dan kenari. Selain itu, melatonin juga bisa ditemukan dalam minyak zaitun, anggur bahkan juga didalam minuman beralkohol dan memabukkan.

Fungsi Dan Manfaat Hormon Melatonin
Hormon melatonin diketahui sebagai horman yang bisa membantu memecahkan masalah kesulitan tidur. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukan bahwa hormon melatonin bisa menolong tidur seorang anak yang mengalami insomnia yang mengalami autisme, keterbelakangan mental, dan gangguan sistem syaraf pusat lainnya. Selain itu, melatonin juga rupanya dapat membantu dalam mengendalikan siklus tidur pada orang buta.

sumber : talknesia.com

Selain mengatasi masalah sulit tidur, melatonin juga bisa menjadi obat kanker dalam menuntaskan tumor dan mengurangi efek samping dari pemberian obat kanker. Selain itu, melatonin juga bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara metastatik dan non metastatik dalam waktu yang agak lama.

Hormon melatonin juga berkhasiat dalam mengobati penyakit seperti migrain dan sakit kepala lainnya fibromyalgia, gejala menopause, osteoporosis, sindrom iritasi usus besar atau tinnitus.

Dosis Dan Efek Samping
Dosis melatonin tergantung keperluan dan permasalahan yang dihadapi oleh seseorang, untuk masalah sulit tidur, dosis yang disarankan adalah 0.3- 5 gram perhari.

Berdasarkan dari penelitian, Melatonin dianggap aman bagi kebanyakan orang untuk dikonsumsi jangka pendek. melatonin juga memiliki efek samping termasuk sakit kepala, menyebabkan kantuk di siang hari, gejala depresi, kram perut, pembesaran payudara pada pria,pusing dan gampang marah.

Suplemen perlu dihindari bagi wanita yang sedang berada dalam masa hamil, selama menyusui atau dalam proses program kehamilan. Anak-anak atau remaja tak seharusnya membutuhkan suplemen melatonin sebab melatonin bisa berinteraksi dengan hormon lain dan menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang mereka.

One thought on “Hormon Melatonin, Sumber, Fungsi, Efek Samping dan Mengapa Kita Membutuhkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.