Mau Suntik Silikon ? Kenali Dulu Jenis dan Efek Samping yang Ditimbulkan Sebelum Menggunakan

Penggunaan silikon cukup populer di bidang perawatan tubuh dan kecantikan wajah. Umumnya suntik silikon digunakan sebagian orang yang menginginkan langkah instan untuk tampil lebih cantik dan menawan.

Jenis silikon yang digunakan untuk layanan kecantikan dan kesehatan ada tiga, yaitu:

1.Silikon Padat

Bentuk silikon padat ini menyerupai karet, dapat digunakan untuk katup jantung buatan, pengganti persendian, testis buatan dan kateter. Untuk kecantikan silikon ini biasanya digunakan sebagai implan pada hidung, dagu dan pipi.

2. Silikon Gel

Campuran antara silikon padat dan cair, silikon ini memiliki tekstur yang dapat mengikuti bentuk wadah tempatnya disimpan karena tingkat perlekatan molekulnya sangat baik. Silikon gel disimpan dalam wadah yang padat berbentuk kantong silikon yang terdiri dari silicone sheet/lembar silikon. Biasanya digunakan untuk implan pada payudara dan betis.

3. Silikon Cair

Silikon cair dalam medis digunakan dalam pengobatan retina mata yang akan diambil kembali dalam waktu setahun setelah operasi. Silikon cair untuk tujuan kecantikan sangat tidak disarankan, karena mempunyai resiko bahaya yang tinggi apalagi bila tidak dilakukan oleh ahli atau dokter yang kompeten.

source : otcdigest.id

Ada dua faktor berbahaya yang perlu anda ketahui dari silikon. Yaitu efek samping awal dari penggunaan silikon dan efek samping tertunda. Di bawah ini dibahas keduanya.

Efek samping awal :

Dalam beberapa hari hingga minggu, penerapan silikon bisa menimbulkan efek samping berupa kulit melepuh dan kemerahan disertai perih, benjol, memar, gatal, reaksi hipersensitif dan peradangan selama beberapa hari.

Efek samping tertunda :

Efek samping tertunda bisa muncul dalam kurun berminggu-minggu hingga tahunan, seperti di bawah ini.

1. Kerusakan Jaringan

Sifat cairnya memungkinkan silikon mengalir ke berbagai bagian tubuh dan menyebar, akhirnya silikon cair bisa menumpuk di jaringan tubuh dan mengakibatkan silikonoma, yaitu reaksi inflamasi kronik. Akibatnya timbul pembengkakan di berbagai bagian tubuh atau wajah yang terdapat kandungan silikon tersebut.

2. Merusak Bentuk Wajah Atau Tubuh

Karena adanya gaya gravitasi, sifat silikon yang cair akan sulit berkumpul di satu tempat umumnya di tempat yang lebih rendah dari semula sehingga sulit mempertahankan bentuk yang diinginkan, malah bisa mengubah bentuk anggota tubuh atau kulit tempatnya disuntikkan dan menimbulkan benjolan-benjolan. Dari yang tadinya untuk mengatasi keriput, bagian wajah dan tubuh lama kelamaan akan tampak kendor dan melorot karena berat dari silikon tersebut yang tertarik ke bawah. Misalnya mulut, hidung dan pipi akan tampak lebih tebal dan tidak proporsional.

3. Kerusakan pada otak dan organ paru-paru.

Dari silikon padat ini adalah dapat menyebabkan gangguan pernapasan kronis, terutama dalam pembentukan kristal silika hingga dapat memperburuk kondisi organ paru-paru.

Silkon cair, dapat menyebabkan peradangan yang terjadi pada bagian yang disuntik hingga dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan organ paru-paru.

Nah efek samping yang tertunda inilah yang sangat berbahaya. Reaksi tubuh kita terhadap zat asing yang masuk ke tubuh bisa berbeda-beda.

Berikut ini satu contoh dari penggunaan silikon yang salah.

source : youtube

2 thoughts on “Mau Suntik Silikon ? Kenali Dulu Jenis dan Efek Samping yang Ditimbulkan Sebelum Menggunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published.