Cara Merawat Kulit dan Wajah Untuk Usia Remaja

Di usia Anda yang masih remaja,mungkin merawat wajah masih dianggap sepele.

Namun ketahuilah, kondisi wajah saat berumur nanti sangat dipengaruhi oleh cara anda merawat nya sejak dini. Karena itu anda perlu memahami pentingnya perawatan kulit. Bagaimana dengan remaja yang baru akan memulainya? Sebenarnya perawatan wajah diusia remaja tidaklah terlalu ribet dan berbelit-belit. Dan fakta lainnya lagi, perawatan kulit sebenarnya tidak membutuhkan banyak waktu dan produk-produk yang mahal.

Dilansir dari verywellhealth.com, Jumat (27/7/2018), berikut ini adalah beberapa panduan perawatan kulit yang mudah dan sederhana bagi remaja. Yang jelas, perawatan kulit ini tidak akan merogoh habis isi kantong anda.

1. Produk perawatan kulit yang mahal tidak diperlukan

Lupakan produk-produk yang sedang banyak dibicarakan. Bahkan produk perawatan kulit yang Anda beli di apotek bisa bekerja sangat baik.

Fokuslah pada bagaimana produk tersebut ketika diaplikasikan di kulit Anda. Jika Anda menyukai rasanya di kulit, aroma, dan harganya, produk perawatan kulit tersebut sudah cukup bagus.

2. Membersihkan wajah dua kali sehari

Cuci muka dua kali sehari adalah keharusan, di pagi dan malam hari. Jika Anda berkeringat karena olahraga, sebaiknya lakukan lebih dari dua kali dalam sehari.

3. Menggunakan scrub wajah

Ingat, menggunakan scrub yang terlalu abrasif dapat mengiritasi kulit, membuatnya terlihat lebih merah karena peradangan. Eksfoliasi memang penting, namun ada cara yang lebih lembut untuk melakukannya sebagai bagian dari perawatan kulit. Gunakan csrub khusus wajah yang sesuai dengan usia anda. Saat ini banyak ditawarkan di swalayan, scrub wajah dengan berbagai merk. Namun, ingat jangan terlalu keras menekan dan menggosok ajah sat menerapkan scrubnya ya!

4. Astringent untuk kulit yang sangat berminyak

Astringent dapat menghilangkan minyak dari permukaan kulit dan membuatnya terasa bersih dan segar. Astringent mengandung asam salisilat yang baik bagi kulit dan jika kulit Anda cenderung sensitif, sebaiknya hindari kandungan alkohol dalam produk apapun.

5. Melembabkan kulit setiap hari

Perawatan kulit berjerawat dapat membuat kulit menjadi kering. Gunakan pelembap yang baik setiap hari dapat membuat kulit menjadi jauh lebih baik.

Usahakan untuk menggunakan produk pelembap yang bebas minyak dan non comedogenic. Selain itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan pelembap yang telah mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

6. Jangan biasakan memencet jerawat

Ya, memang hal ini sulit dilakukan, namun cobalah untuk melawan dorongan ini. Memencet jerawat dapat merusak kulit dan menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam, serta bekas luka pencetnya akan membekas.Tentunya anda tidak ingin wajah mulus menjadi koreng akibat bekas jerawat kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.