Ini 5 Jenis Kulit Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Tentukan Cara Merawatnya

Halo Cantik !

Apakah Anda tahu kulit Anda termasuk jenis apa?
Hal ini sangat penting untuk mengetahui jenis perawatan kulit yang dapat anda terapkan dalam keseharian anda.

Kenalilah terlebih dahulu jenis kulit wajah Anda sebelum melakukan perawatan. Sebab jika kita salah mengenali jenis kulit wajah bisa berakibat buruk bahkan kerusakan wajah karena salah memilih perawatan yang cocok untuk jenis kulit wajah. Dengan mengetahui jenis kulit dan kondisi kulit wajah, adalah suatu langkah awal untuk dapat memilih perawatan dan produk kecantikan yang tepat untuk wajah Anda. Sehingga Anda dapat berhati-hati untuk memakai perawatan yang banyak di pasaran. Apalagi hal-hal yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah Anda.

Mengetahui jenis kulit wajah adalah dasar untuk merawat kulit wajah Anda. Berikut adalah tabel yang bisa Anda jadikan acuan untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda. Jika Anda belum puas, lebih baik untuk berkonsultasi dengan ahli kulit agar mengetahui produk yang terbaik sesuai kondisi kulit Anda.

1). Kulit Normal
Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang paling diinginkan dan diimpi-impikan setiap orang. Bagaimana ciri-cirinya? Jika ingin melihat apakah kulit Anda termasuk jenis kulit wajah yang normal atau tidak,maka dapat mengetahui dari tanda-tandanya. Kulit normal ditandai dengan permukaan kulit yang lembut, sintal dan dengan ukuran pori-pori kecil. Jenis kulit normal biasanya memiliki elastisitas yang bagus, lembut dan padat saat disentuh. Selain itu, jika dilihat dengan kasat mata, kulit wajah tampak halus, bercahaya dan tidak kusam dan berminyak meskipun tidak menggunakan kosmetik.


2). Kulit Berminyak

Kulit berminyak biasanya terjadi pada kebanyakan remaja yang melalui masa pubertas. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal sehingga produktivitas minyak sangat tinggi. Bagaimana mengidentifikasi apakah kulit kita berminyak atau tidak?. Hal ini dapat dilihat dari tanda-tandanya. Biasanya tandanya adalah kulit terlihat berkilat dan berlapis tebal, dengan pori-pori yang besar dan terlihat jelas. Selain itu, dapat terlihat ketika dalam keadaan tertentu wajah tiba-tiba mengeluarkan minyak atau ketika diusap pakai tangan terasa licin berminyak. Jenis kulit ini juga riskan menimbulkan jerawat. Sebab sewaktu minyak keluar secara berlebihan bisa menempelkan debu pada permukaan kulit, yang akan memudahkan timbul jerawat, blackheads, whiteheads dan yang lainnya.

3). Kulit Kering
Jika kulit Anda terasa mengeripik atau terasa ketat di wajah, Anda kemungkinan besar memiliki jenis kulit kering. Akan tetapi, jika biasanya kulit Anda normal, perubahan jadi kering ini dapat disebabkan karena kurang minum air, musim panas, udara dingin atau hal-hal yang berhubungan dengan faktor lingkungan. Berganti sabun juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Sebab sabun secara umum lebih mudah membuat kulit menjadi kering.

Selain itu, penggunaan pelembab tertentu yang tidak cocok dengan kulit dan kondisi lingkungan Anda juga dapat menyebabkan reaksi alergi dan memberikan pengaruh berbeda pada kulit. Maka jika Anda mengalami masalah seperti itu, sudah dapat dipastikan bahwa jenis kulit Anda merupakan kulit kering. Nah, untuk mengatasinya Anda dapat mengganti sabun dan pelembab Anda atau dengan tidak berada pada suatu kondisi lingkungan yang dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Hindari berada di ruang an ber AC terlalu lama, karena juga dapat membuat kulit menjadi kering dan dehidrasi.

Baca :

Simak Yah Cantik, 4 Tips Simpel Memerahkan Bibir Secara Alami

Mau bergaya Up To Date Ala Artis Beken? Klik DISINI

4). Kulit Sensitif

Menandai kulit sensitif sangatlah mudah. Biasanya seseorang dengan kulit sensitif pasti mengalami banyak masalah dengan faktor lingkungan dari pada orang lainnya. Tandanya ialah, kulit akan lebih mudah terbakar bila terkena sinar matahari terlalu lama, sensitif dengan kosmetik dan mungkin juga terasa terbakar atau pedih saat terkena angin, dan pergantian musim yang ekstrem. Yang jelas kulit wajah Anda dapat berubah seketika jika terjadi faktor-faktor eksternal seperti di atas.

5). Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi biasanya terletak pada bagian yang berbeda. Satu bagian berminyak, bagian lain kering. Hal ini disebut dengan istilah ‘T-zone’ di mana mengacu pada jenis kulit kombinasi baik itu terletak di bagian dahi, hidung dan dagu yang berminyak. Sedang pada bagian pipi dan area sekitar mata merupakan bagian yang biasanya kering. Jika jenis kulit wajah Anda mengalami tanda atau gejala yang demikian maka sudah dapat dipastikan bahwa kulit wajah Anda termasuk ke dalam jenis kulit kombinasi.

Nah, setelah semua jenis kulit dituliskan di atas, maka Anda sudah bisa menentukan apa jenis kulit Anda.

Pastikan anda memilih perawatan tubuh dan wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Baca :

Mau Tampil Cantik dengan Baju / Fashion yang Sudah Ada? Ini Dia 5 Trik dan Tipsnya

Ini dia 11 keunggulan Tauge / Touge yang Wajib Anda Tahu Di Antaranya Mencegah Kanker dan Stroke !

Leave a Reply

Your email address will not be published.