Sinusitis? Kenali Penyebab Dan Cara Pencegahannya. Apakah Juga Bisa Diwariskan dari Orang Tua Ke Anak?

Sinusitis? Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya. Apakah Juga Bisa Diwariskan dari Orang Tua Ke anak?

Apakah Anda tahu yang dimaksud dengan sinusitis? Kata sinusitis ini kerap kita dengar dialami oleh berbagai kalangan umur, tidak peduli orang dewasa bahkan juga bisa terjadi pada anak. Sinusitis adalah peradangan pada sinus, yaitu rongga kecil yang ada di belakang tulang dahi dan pipi. Keadaan ini bisa muncul karena infeksi bakteri hingga reaksi alergi terhadap sesuatu. Namun, ada yang mengatakan kalau penyebab sinusitis bisa jadi adalah genetik warisan orangtua. Apakah benar sinusitis bisa diwariskan?

Apakah benar sinusitis bisa diwariskan dari orangtua ke anak?
Sinusitis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, alergi, polusi, atau polip hidung (pertumbuhan daging jinak di hidung yang menyebabkan napas tersumbat). Selain itu, sinusitis juga sering muncul setelah Anda terserang flu. Sedangkan sinusitis kronis dapat disebabkan oleh rongga sinus sempit (kondisi bawaan) atau sinus yang terlalu kering (misalnya karena berada di lingkungan lembap).

Baca :

5 Tanda Jika Produk Kecantikan Tidak Cocok Dengan Kondisi Kulit Anda

Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa genetik adalah salah satu penyebab sinusitis. Waalaupun demikian, Anda bisa saja membawa gen sinus yang diwariskan dari orangtua Anda.

Pasalnya, kondisi lingkungan sekitar dan riwayat kesehatan diri tetap berpengaruh lebih besar untuk menyebabkan sinus meradang. Misalnya, ketika Anda sering terpapar dengan alergen (hal yang membuat alergi muncul; baik dimakan, disentuh, atau dihirup) atau Anda punya polip pada hidung, maka hal inilah yang lebih mungkin memicu sinusitis.

Dibawah ini beberapa hal yang menjadi penyebab sinusitis lainnya yang perlu dihindari

Tak hanya alergi ataupun polip hidung saja, namun ada beberapa penyebab sinusitis yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Riwayat kesehatan diri. Orang yang pernah mengalami cystic fibrosis, asma, penyakit asam lambung, terinfeksi HIV, hingga memiliki gangguan sistem imun, rawan terkena sinusitis.
2. Infeksi saluran pernapasan. Bakteri penyebab infeksi saluran napas dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan lendir lebih banyak. Hal ini yang kemudian membuat sinus meradang.
3. Sering terpapar polusi. Jika Anda dikelilingi dengan polusi udara, seperti asap rokok setiap harinya, maka sangat mungkin Anda akan mengalami radang pada sinus.

Untuk mengetahui penyebab sinusitis yang terjadi ada Anda, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Lalu, apakah ada cara untuk mencegah sinusitis?

Karena penyebab sinusitis yang utama bukanlah genetik tapi lebih berpengaruh dari lingkungan, maka tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko dari sinusitis.

1. Jaga kesehatan, jangan sampai mengalami infeksi pada saluran napas.

2. Batasi kontak dengan orang yang sedang flu atau infeksi saluran napas.

3. Seringlah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

4. Hindari hal-hal yang dapat membuat Anda alergi, misalnya makanan, debu, bulu binatang, atau hal-hal lainnya. Pastikan bahwa Anda tahu penyebab alergi, sehingga Anda membatasi kontak dengan alergen tersebut.
Hindari polusi udara, seperti asap rokok dan asap knalpot kendaraan.

Baca :

Dengan Terapi Stemcell atau Sel Punca, Diprediksi 10 Tahun Depan Manusia Mungkin Tak Butuh Obat Lagi !

Saatnya miliki bisnis online anda sendiri dari rumah

Nah itulah tadi pengetahuan seputar sinusitis yang bisa Cantikstylish paparkan.  Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.